Powered By Blogger

Jumat, 06 Januari 2012

Perjalanan karier Poppy Mercury




Poppy Yusfidawaty atau Poppy Mercury (lahir di Bandung, 15 November 1973 - meninggal diBandung, 28 Agustus 1995 di usia 21 tahun) adalah penyanyi rock Indonesia. Ia populer lewat lagu Surat Undangan yang populer di era 1990-an. Namun pada tahun 1995 pada saat kariernya sedang di puncak ia meninggal akibat komplikasi Maag, Bronchitis/radang tenggorokan atau yang lebih dikenal dengan diphteri dan Rematik di RS. Hasan Sadikin, Bandung. Poppy Mercury meninggal pada tanggal 28 Agustus 1995.
Prestasi
        _    BASF Awards 1992, album Surat Undangan B   
  • HDX Awards 1993, single Badai Asmara
  • BASF Awards 1994, album Biarkan Ku Pergi
  • HDX Awards 1995, album Hati Siapa Tak Luka

ALBUM/SINGLE POPPY MERCURY
1. TERLALU PAGI, CIPT. ROSYID SOEMANTRI (SINGLE 1990)
2. ANTARA JAKARTA DAN PENANG, CIPT. RONNY GADHUH (ALBUM 1991)
3. SUCI DALAM DEBU FEAT SALEEM IKLIM, CIPT. WANZULL / S. AMIEN SHAHAB (SINGLE 1991)
4. FANTASIA BULAN MADU FEAT SALEEM IKLIM, CIPT. M. NASIR / YOUNGKY RM (SINGLE 1991)
5. KUGENGGAM DUNIA FT ABIEM NGESTI, CIPT. WIWIEN NGESTI / AZAM ZURAIN (SINGLE 1992)
6. SURAT UNDANGAN(SENDIRI LAGI), CIPT. ROSYID SOEMANTRI (ALBUM 1992)
7. TERLAMBAT SUDAH, CIPT. RACHMAT AS (ALBUM 1993)
8. ANTARA KAU DIA DAN AKU, CIPT. JHON DAYAT / RIRIN S. (ALBUM 1993)
9. BADAI ASMARA (KENDALA CINTA), CIPT. DADANG S. MANAF / JEFFRY BULLE (SINGLE 1993)
10. TRAGEDI ANTARA KUALALUMPUR - PENANG, CIPT. ROSYID SOEMANTRI (SINGLE 1994)
11. BETAPA SAYANG AKU PADAMU, CIPT. DADANG S. MANAF (1994)
12. BIARKAN KU PERGI, CIPT. DEDE A. POETRA (ALBUM 1994)
13. KUINGIN KEMBALI(UNPLUGGED), CIPT. RUDY LOHO (1994)
13. MAMA AKU INGIN PULANG, CIPT. YOUNGKY RM (1994)
14. HATI SIAPA TAK LUKA, CIPT. WAHYU WHL (ALBUM 1995)
15. TAK MUNGKIN DIPISAHKAN, CIPT. PRINCE SUFRI BOLKIAH (ALBUM 1995)
16. SATUKANLAH HATI KAMI, CIPT. LY / BAIDURI / YUSAK (SINGLE 1995)
17. BUKAN AKU YANG KAU CINTA, CIPT. ADINDA AMIRUL / POPPY MERCURY (ALBUM 1995)
18. AIR MATA JADI SAKSI, CIPT. DEDDY DORES (SINGLE 1995)

BEST CUTS
1. CINTA KITA PUDAR, CIPT. MAMAN SUPRATMAN / HENDRA GUNAWAN (1991)
2. CINTA TAK MENGENAL KASTA, CIPT. RIRIN S. / OVIEN P. (1992)
3. CINTA KITA YANG TERTUNDA, CIPT. ROSYID SOEMANTRI (1993)
4. BERPISAH, CIPT. ROSYID SOEMANTRI (1993)
5. JAUH DIMATA DEKAT DIHATI, CIPT. ISKANDAR (1995)
6. BERIKANLAH PADAKU SETIA, CIPT. SAIDIN (1995)



Mungkin sebagian penggemar poppy ada yang bertanya, kapan dan dimana poppy show untuk terakhir kalinya. Ternyata poppy show terakhir kalinya di acara Pekan Raya Padang, tepatnya tanggal 2 Agustus 1995. Sebenarnya kondisi kesehatan poppy sebelum berangkat sudah menurun dan poppy berencana membatalkan shownya, namun panitia mengingatkan bakalan banyak penonton yang akan kecewa jika poppy tidak hadir, akhirnya poppy pun meluluskan permintaan panitia demi profesional kerja dan rasa cintanya yang begitu besar kepada para penggemarnya.

Sepulang dari shownya, poppy pun sempat membagikan oleh-oleh yang dibelinya di Padang kepada keluarganya, tapi keesokan harinya kondisi kesehatan poppy langsung menurun. Poppy tidak pernah mau dibawa ke rumah sakit karena dia lebih senang dirawat dokter di rumah. Pada tanggal 25 Agustus 1995, karena kondisinya makin memburuk, poppy pun dilarikan ke rumah sakit Hassan Sadikin Bandung, dan pada tanggal 28 Agustus poppy pun menghembuskan nafasnya yang terakhir setelah sebelumnya sempat tak sadarkan diri.

Memang sulit melupakan kenangan manis dengan penyanyi yang selalu tampil sederhana dan low profil ini, apalagi lantunan suara merdunya yang bernyanyi dengan penuh perasaan. Penampilan poppy yang terakhir kalinya dapat dilihat di Video Clip "satukanlah hati kami" yang di atas panggung dimana poppy mengenakan topi bergaris hitam putih.

Begitu banyak hal yang patut diteladani dari sang almarhumah, diantaranya adalah semangat dan ketegarannya untuk hidup dan terus berkarya walaupun kondisi kesehatan tidak mengizinkan. Jadi kita yang masih diberi kesehatan jangan sampai malas untuk belajar dan bekerja. Seperti yang dilontarkan ayah poppy, penyakit yang dialami poppy sudah terasa sejak oktober 1994, namun poppy tidak pernah mau menghentikan kegiatannya, kalau sudah dirawat dokter dan kondisinya sudah agak membaik, poppy pun langsung sibuk untuk show dan rekaman

Setelah menyelesaikan kontraknya dengan Akurama Records dengan merampungkan 4 buah album yang didominasi warna musik rock/ slow rock, poppy ingin merubah warna musiknya yang lebih ngepop, dan ini dapat kita dengar di albumnya "biarkan kupergi" yang dirilis thn 1994 dimana warna musik poppy tidak lagi segarang di album2 sebelumnya, dan ternyata penggemar poppy tidak surut, album ini tetap laris manis di pasaran. Di album ini poppy juga sukses membawakan lagu betapa sayang aku padamu karya Dadang S. Manaf, dan dapat kita rasakan di lagu ini warna musik poppy jauh dari nuansa melayu yang selama ini lekat pada karakter poppy.

Pada masa transisi sebelum merilis album biarkan kupergi, terlebih dahulu poppy merilis single "badai asmara" karya dadang s. manaf dan jeffry bulle, pemilihan single ini sangat selektif, karena poppy juga pernah merekam lagu "aku yang mengalah" karya Baliyanto/Deddy Dhukun, tapi kurang sreg di telinga produser, dan lagu ini diberikan pada Vinny Alvionita yang waktu itu tenar dengan perannya sebagai "kedasih". Ternyata pilihan produser memilih lagu "badai asmara" memang tepat, single ini melesat mencetak hits dan poppy pun diganjar dengan HDX Awards.




Dalam industri musik, sebuah lagu dinyanyikan oleh beberapa penyanyi merupakan hal yang lumrah, ini mengindikasikan lagu tersebut banyak diminati dan laris dipasaran. Ada beberapa lagu poppy yang juga dinyanyikan oleh penyanyi lain, diantaranya adalah :

1. MAMA AKU INGIN PULANG
Ini merupakan salah satu lagu yang fenomenal, karena dinyayikan oleh duo penyanyi terdepan dan sama2 berpulang dalam waktu yang berdekatan. Sampai sekarang masih menjadi polemik tentang siapakah yang lebih duluan merekam lagu ini. Yang jelas poppy lebih duluan merilis lagu ini ke pasaran th 1994, yang kemudian dimasukkan ke dalam album "hati siapa tak luka" dan sempat diubah judulnya menjadi "ingin pulang". Di sisi lain, tersiar kabar bahwa album "mama aku ingin pulang" yang dirilis nike ardilla pasca kematiannya merupakan stok lagu2 lama yang dinilai kurang komersial, jadi tidak dapat dipastikan siapa yang pertama merekam lagu ini.

2. SURAT UNDANGAN
Lagu poppy yang melejit ini ternyata menarik minat Deddy Dores untuk menyanyikannya juga, tapi sayang gaungnya kurang terdengar, begitu juga Baby vallen, juga sempat merilis ulang lagu ini dalam versi disco dangdut. Terakhir ada Anie carera yang juga merekam kembali lagu ini dalam salah satu album kompilasinya.

3. MAWAS DIRI
Lagu ngebeat ciptaan Angga Widodo ini ternyata lebih dahulu dirilis oleh Ita Purnamasari tahun 1994 yang termuat di album "kembalilah padaku".

4. CINTA
Lagu ciptaan Baliyanto yang terangkum dalam album Surat undangan ini, kembali dirilis ulang oleh Nini Carlina di album "tembang cinta" tahun 1995.

5. FANTASIA BULAN MADU
Lagu ini berhasil melejitkan nama Inka christie yang berduet dengan Ami Search tahun 1991 dengan judul Cinta Kita.

6. SUCI DALAM DEBU
Selain versi solo, terlebih dahulu lagu ini dinyanyikan solo oleh Saleem yang tergabung dalam grup IKLIM tahun 1991.

7.KIAMBANG
Lagu ini juga dinyanyikan oleh Inka Christie dalam album Nafas cinta tahun 1993, dan Ella pun tak ketinggalan menyanyikan lagu ini dengan judul "tiada tangis lagi".

7. HATI SIAPA TAK LUKA, ANTARA KAU DIA DAN AKU
Kedua lagu ini dinyanyikan ulang oleh Anie Carera yang terangkum dalam album kompilasinya.


Selain itu, juga terdapat lagu2 balasan ataupun lagu untuk mengenang kepergian poppy, diantaranya adalah :

1. BUKAN AKU TAK CINTA
Lagu ini merupakan balasan dari lagu "surat undangan" yang dinyanyikan Saleem Iklim pada tahun 1993.

2. SEBELUM TERLAMBAT
Setelah sukses membalas lagu "biarlah aku mengalah" nike ardilla dengan judul "ingin kembali", pada tahun yang sama Gusti Randa juga membalas lagu "terlambat sudah" milik poppy dengan judul "sebelum terlambat".

3. BANDUNG MENANGIS LAGI
Tak lama setelah kepulangan poppy, Deddy dores langsung menciptakan lagu ini yang dinyanyikannya bareng Nafa Urbach. Dari segi lirik, lagu ini juga diperuntukkan untuk mengenang kembali sosok nike ardilla yang merupakan bunganya kota kembang dan kebanggaan Deddy dores.

3. KASIHKU TIADA LAGI
Dua tahun setelah kepulangan poppy, deddy dores pun kembali tergerak hatinya untuk mengenang kepergian sang almarhumah. Lagu ini menduplikat musik "antara kau dia dan aku" yang diciptakan oleh Jhon dayat dan Ririn S. 

Bapak H.KEMAL JOHANA DRS  adalah ayah handa poppy yang sekarang menempati rumah poppy dulu.
dan almarhumah  ibu SUPIATI


Sedang Saudaranya :
1.Elsyaf (Chefy)  
2.Tiesta
3.Dewi
4.Toufik ismael
5. Dina
6. Erik Fadilla  


Sekolah Poppy Mercury
poppy kecil bersekolah di SD pajajaran.
poppy remaja sekolah di SMP 9 bandung
poppy ABG sekolah di SMA korpri. 

Penyanyi yang sempat  Berduet :
Abiem Ngestie 
PENYANYI DANGDUT YG TERKENAL DENGAN LAGU pangeran dangdut INI, penyanyi asal kudus jawa tengah ini. yg juga sudah meninggal dunia di tahun yg sama. adalah penyanyi yg sempat berduet barang poppy di lagu KUGENGGAM DUNIA.
Saleem Iklim
band musik asal malaysia ini adalah yg bisa di bilang ikut berjasa dalam karir poppy
.... karna sebelum poppy membuat album. poppy sudah manggung bareng saleem iklim.
duetnya di lagu  SUCI DALAM DEBU adalah salah satu buktinya.











10 komentar:

  1. Penasaran dgn lagu KIAMBANG voc Poppy, karena setahu aq lagu KIAMBANG cuma dinyanyikan Inka Christie. Di rekam tahun berapa ya lagu itu sama Poppy terus terdapat dalam album apa single......?

    BalasHapus
  2. Download aja full album Poppy Mercury disini gan http://musikindo99.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok ngga ada lagu kiambang..

      Hapus
    2. Lagu Kiambang itu klo gak salah lagunya Inka Christie bro. Ada kok di salah satu album Inka Christie. Cari aja di Musikindo99 kan ada kotak search-nya di pojok atas.

      Hapus
    3. Iya,,,saya tau bro,,tapi kalau versi poppy mercury ada ngga ya??

      Hapus
    4. Mas gimana caranya nge download di blog musikindo 99 tsb??

      Hapus
  3. sangat rindu dengan lagu tembang kenangan seperti popy marcoly,nike ardillah.nafa urba.dan yang lainya.kapan meraka bisa konser di tv? sekarang ini banyak konser band-band.lama-lama bosan

    BalasHapus
  4. Penasaran dgn lagu kiambang,,yg ada lagunya bagi donk..katax byk lagux yg tdk di edarkan karena keluargax sedih jadi teringat sama poppy

    BalasHapus